Pages

Sunday, May 20, 2012

Upload File di Group

Fitur baru di Facebook adalah fasilitas Upload File di Group. Fasilitas ini di-launching sekitar pertengahan bulan Mei 2012, setelah penambahan fitur seperti Facebook Timeline, Header image di Group Facebook. Makin cinta deh, sama Facebook <3. Berikut screen shootnya.

Jadi para member dalam satu grup facebook bisa upload file dan saling berbagi file dengan member grup lainnya. Kita bisa mengupload file-file dokumen seperti file Ms.Office, File Arsip (zip, rar dll), Ebook, file website seperti php, html dll. Tidak seperti sebelumnya yang dibatasi hanya bisa upload file gambar/foto, itu pun yang berekstensi jpg/jpeg saja yang bisa, kali ini ekstensi .gif pun bisa. Tapi walaupun sekarang kita sudah bisa berbagi file di grup, bukan berarti kita bisa mengupload file apa saja disana, ada beberapa ekstensi file yang tidak diperbolehkan diantaranya: file yang berbentuk setup/aplikasi windows (.exe), file musik seperti mp3 dll. Nanti akan muncul tampilan error seperti berikut.
Walaupun tidak semua file bisa di-upload tapi setidaknya kita masih bisa berbagi file yang cukup berguna misalnya file dokumen, arsip, ebook, dll. Sekarang kita tidak perlu menggunakan layanan file sharing kalau hanya untuk berbagi file-file, karena bisa dilakukan via facebook yang lebih mudah dan lebih banyak dikenal orang.
Maksimal ukuran filenya hanya 25 Megabytes untuk setiap file yang akan diupload. Selain itu jika kita mengupload file dokumen Officce, setelah diupload nanti kita bisa mem-preview-nya secara langsung (online) untuk melihat isi filenya tanpa perlu didownload dulu ke komputer. 



Namun, ada masalah ketika kita menekan tombol download setelah di-preview. Akan muncul tampilan seperti ini. Mungkin masih ada kesalahan dari pihak Facebook. Namun, file yang di-upload bisa di-download melalui tombol download sebelum di-preview.
Jika file yang kita upload terdapat kesalahan, kita bisa menggunakan fasilitas 'Upload Revision'.
 
Setelah di-upload, maka tampilan di wall grup akan menjadi seperti ini.
Pada tombol History, terlihat '(2)' berarti pada file tersebut telah di-upload dua versi file.
 
 Demikian ulasan tentang fitur terbaru di Facebook.

2 comments

June 29, 2012 at 10:12 AM

Download file di facebook, kenapa ga bisa pake IDM ya? Link nya error kalo di donlot pake IDM. ada solusinya gan?

June 29, 2012 at 7:12 PM

@wongsolotenanjangan pake IDM

Post a Comment